Keblek, Hewan Jadi-Jadian Suka Mencuri

ilustrasi
klenikmisteri.blogspot.com - KEBLEK merupakan jenis pesugihan yang dilakukan oleh sebangsa siluman yang berbentuk kelelawar.Bentuk Kelelawar ini tidak seperti kelelawar pada umumnya. Bentuknya besar, dan selalu mengeluarkan suara "blek...blek..blek" karena itu orang-orang jawa menyebutnya KEBLEK.Entah mengapa kelelawar jadi-jadian ini selalu mengeluarkan bunyi-bunyian itu seperti suara kaki yang di hentakkan keras keras ke tanah atau suara kepakan sayap burung yang sangat besar .ada beberapa versi, ada yang mengatakan suara itu berasal dari bentuk perutnya yang gendut dan tambun sampai menyentuh tanah sehingga ketika terbang perutnya menghentak tanah, ada juga yang berpendapat suara itu timbul dari dua sayapnya.
Seperti halnya pesugihan lainnya, Hewan jadi-jadian ini mempunyai tugas dari tuannya untuk mencuri beras atau uang milik orang lain. Menurut beberapa kesaksian dari salah satu warga desa berjel, Jombang. Sebut saja astri, menurut ceritanya waktu kejadian dia mendengar suara blek..blek..blek yang sangat keras muncul dari samping rumahnya. "Pas ingin ke kamar mandi,aku denger suara itu mas, blek..blek..blek trus suara itu terdengar mondar mandir di samping rumahku, jadi takut akhirnya gak jadi ke kamar mandi," katanya sambil menunjuk lokasi suara itu muncul.
cara pengambilan harta yang dilakukan keblek ini pun ada dua versi, ada yang bilang dia cuma mengambil 1 butir beras yang ada di dapur, katanya satu butir saja yang di ambil sama dengan 1 karung beras, sehingga korban akan kehilangan 1 karung berasnya. dan versi lain keblek ini sama dengan tuyul, tugasnya mengambil uang korbannya.
Ada kepercayaan di masyarakat seperti halnya tuyul, jika ada orang yang berhasil menangkap hewan jadi jadian ini, dan membiarkannya hidup, selang beberapa hari orang yang menangkap tadi akan di datangi seseorang dan memberi tawaran berapa uang sebagai tebusan untuk melepas keblek itu, jika si penangkap setuju maka uang berapapun akan di berikan oleh orang yang menginginkan keblek itu, namun jika si penangkap tidak setuju dan membiarkan keblek itu mati maka pemilik keblek itu juga akan mati.
Untuk menangkapnya, tidak sembarangan orang bisa melakukan karena hewan jadi-jadian ini merupakan sebangsa siluman yang bisa menghilang.Dan diperlukan jasa ahli spiritual untuk melakukan itu.

0 Response to "Keblek, Hewan Jadi-Jadian Suka Mencuri"

Post a Comment